Berikut ini 6 Jalur Khusus Pendaftaran CPNS Tahun 2018

Berikut ini 6 Jalur Khusus Pendaftaran CPNS Tahun 2018

Berikut ini 6 Jalur Khusus Pendaftaran CPNS Tahun 2018
Informasi Tes CPNS 2018
Berikut ini 6 Jalur Khusus Pendaftaran CPNS Tahun 2018Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran CPNS pada tahun 2018.Pendaftaran atau rekrutmen CPNS dilakukan melalui dua jalur yakni formasi umum dan formasi khusus.Hal ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 36 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS tahun 2018.Unduh Peraturan Menteri PANRB no.36 Tahun 2018 Download Di Sini.

formasi khusus terdiri dari lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, diaspora, olahragawan berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan eks tenaga honorer kategori II yang memenuhi persyaratan.Berikut ini sedikit penjelasan dari 6 jalur khusus tersebut.

1.Lulusan Terbaik(Cumlaude)
Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB nomor 36 tahun 2018 instansi pemerintah pusat wajib mengalokasikan minimal 10 persen untuk sarjana lulusan terbaik (cumlaude), sedangkan instansi daerah minimal 5 persen  dari total alokasi yang ditetapkan. Pelamar merupakan lulusan perguruan tinggi maupun program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan.

2. Penyandang Disabilitas
setiap instansi wajib mengalokasikan formasi jabatan, persyaratan, jumlah, dan unit penempatan yang dapat dilamar oleh penyandang disabilitas. Untuk instansi pusat minimal dua persen, dan untuk daerah minimal satu persen.

3. Pelamar Diaspora
Diaspora adalah Warga Negara Indonesia yang menetap di luar Indonesia dan bekerja sebagai tenaga profesional di bidangnya yang bukan merupakan penerima bantuan dari pemerintah.  Untuk pelamar diaspora, yang baru pertama kali dilakukan, dialokasikan untuk formasi jabatan peneliti, dosen, dan perekayasa. Untuk formasi ini, pendidikan minimal S-2, kecuali untuk perekayasa, yang dapat dilamar dari lulusan S-1. “Diaspora merupakan formasi khusus yang dibuka pertama kali tahun 2018 ini,” ujar Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja.

4. Atlet berprestasi Internasional
Dalam hal ini, pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Menpora, dan merujuk pada ketentuan Permenpora No. 6/2018 tentang Persyaratan dan Mekanisme Seleksi, dan Pengangkatan Olahragawan Berprestasi Menjadi CPNS tahun 2018.

5. Tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer kategori II (THK-II) 
Berdasarkan Permen PANRB No. 36/2018, THK-II itu harus terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan memenuhi persyaratan seperti ketentuan UU ASN, PP 48/2005 dan terakhir diubah menjadi PP No. 56/2012, UU No. 14/2005 bagi tenaga pendidik, dan UU No. 36/2014 bagi tenaga kesehatan. Tercatat ada 13.347 orang di dalam database BKN.

6. Putra-Putri Papua dan Papua Barat
Calon pelamar harus merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu) asli Papua, dibuktikan dengan akta kelahiran dan/atau
surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku; dan Jabatan dan kualifikasi pendidikan untuk penetapan kebutuhan (formasi) khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat disyaratkan agar pada penetapan kebutuhan (formasi) tersebut ditetapkan pula untuk penetapan kebutuhan (formasi) umum dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan yang sama.

Selain persyaratan tersebut, usia pelamar paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Agustus 2018, dan masih aktif bekerja secara terus-menerus sampai saat ini. Bagi tenaga pendidik, minimal berijazah S-1, dan untuk tenaga kesehatan, minimal harus berijazah Diploma III,  yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi THK-II pada tanggal 3 November 2013. Selain memiliki KTP, pelamar juga harus memiliki bukti nomor ujian THK-II pada tanggal 3 November 2013 tersebut.

Khusus untuk eks THK-II, mekanisme/sistem pendaftaran dilakukan tersendiri di bawah koordinasi BKN. “Pendaftar dari eks THK-II yang telah diverifikasi dokumennya wajib mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan tidak ada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi eks THK-II. “Pengalaman kerja selama minimal 10 tahun dan terus menerus menjadi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks honorer K-II ditetapkan sebagai pengganti SKB,” imbuh Setiawan mengutip Permen PANRB No. 36/2018. 

Baca juga Contoh Soal-Soal CPNS di bawah ini.
Oleh karena itu Tes kompetensi Akademik sering dipergunkan dalam penyeleksian mahasiswa baru,karyawan atau pegawai baru bahkan untuk penyeleksian seorang pimpinan suatau institusi atau perkantoran.TPA dipergunakan dalam SMNPTN untuk S1 sejak tahun 2009 dan dipergunakan tertulis penyeleksian S1 SMNPTN Tahun 2012.Selain dipergunakan untuk penyeleksian mahasiswa TPA juga dipergunakan untuk Tes CPNS dan Pretes PPG tahun 2017.

Dalam Tes Potensi Akademik(TPA) ini terdapat 4 macam jenis soal yaitu:tes verbal atau bahasa,tes numerik atau angka,tes logika,dan tes special atau gambar.
  1. Tes Verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dibidang kata dan bahasa.Tes ini meliputi tes sinonim,antonim,tes hubungan padanan kata,dan tes pengelompokan kata.
  2. Tes angka mengukur kemampuan seseorang dibidang angka,dalam rangak berpikir tersturtur,dan logis matematis.Tes ini meliputi tes aritmatika,tes seri angka,tes seri huruf,tes logika angka,dan tes angka dalam cerita.
  3. Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal
  4. Tes spesial atau gambar berfungsi untuk mengukur daya logika ruang yang dimiliki oleh seseorang.Tes ini meliputi tes padanan hubungan gambar,tes seri gambar,tes pengelompokan gambar,tes bayangan gambar,dan tes identifikasi gambar.
Contoh Tes Verbal adalah sebagai berikut:

  1. Rekognisi = …
a. pengembalian
b. perubahan
c. tuntutan
d. pengakuan
e. pemberitahuan
Jawabannya adalah pengakuan (d)
2. Pikiran : Otak
A. Buku : Printer
B.  Kata-kata : Lisan
C.  Komputer : Ketikan
D. Awan : Langit
E.  Hujan : Uap

3. Dompet : Uang
A. Gunung : Harimau
B.  Tas sekolah : Buku
C.  Laut : Garam
D. Burung : Sangkar
E.  Kandang : Ayam
Selengkapnya bisa Unduh Contoh soalnya :Download Di Sini
Contoh Tes Angka adalah sebagai Berikut:
1.  8,0049 : 0,0015 =
A. 5336,6
B.  533,66
C.  53,366
D. 53366
E.  533,55

2.  Berapakah nilai dari 27,5% dari 200 ?A. 45
B.  550
C.  55
D. 54
E.  54,5
  1. 3 3 6 9 15 24 … …
A. 33 55
B. 31 51
C. 36 73
D. 39 63
E. 42 71
PEMBAHASAN :
u1 = 3
u3 = 3 + u2 = 6
u5 = 6 + u4 = 15
u7 = 15 + u6 = 39
u2 = 3
u4 = 3 + u3 = 9
u6 = 9 + u5 = 24
u8 = 24 + u7 = 63
JAWABAN : D
Selengkapnya bisa di unduh Download Di Sini
Contoh Tes Logika adalah sebagai berikut ini:
1.  Semua mahasiswa Perguruan Tinggi memiliki Nomor
Induk Mahasiswa. Andi seorang mahasiswa. Jadi,
a.  Andi mungkin memiliki nomor induk mahasiswa
b.  Belum tentu Andi memiliki nomor induk
mahasiswa
c.  Andi memiliki nomor induk mahasiswa
d.  Andi tidak memiliki nomor induk mahasiswa
e.  Tidak dapat ditarik kesimpulan

2.  Sebagian perajin tempe mengeluhkan harga kedelai
naik. Pak Anto seorang perajin tempe.
a.  Pak Anto pasti mengeluhkan harga kedelai naik.
b.  Pak Anto tidak mengeluhkan harga kedelai naik.
c.  Harga kedelai bukanlah keluhan Pak Anto
d.  Pak Anto mungkin ikut mengeluhkan harga kedelai
naik
e.  Harga kedelai naik atau tidak, pak Anto tetap
mengeluh
Selengkapnya bisa di unduh Download Di Sini
Contoh Tes Spesial atau Gambar sebagai berikut:
1. 


Jawaban
(D)
Sobat bisa perhatikan gambar, di setiap bangunnya diarsir dengan empat buah garis yang saling berdekatan, dan gambar bangun yang D yang hanya memiliki 3 garis.
2.


Jawaban
(B)

Hanya struktur garis di gambar B yang tidak mempunyai garis potong.

Selengkapnya bisa mengunduh Soal 20 Gambar Download Di Sini

Selengkapnya bisa di unduh di bawah ini:
Demikian informasi terkait seputar perekrutan CPNS tahun 2018 dari jalur khusus.Semoga bapak/ibu segera mempersiapkan persyaratan serta sering berlatih soal-soal latihan CPNS.

Subscribe to receive free email updates: